Sakit Saat Hamil 8 Bulan, Bolehkah Minum Obat-obatan?

Sakit saat hamil 8 bulan bisa saja terjadi pada setiap ibu hamil. Sakit yang diderita bisa berupa sakit yang ringan, seperti batuk, flu, atau diare hingga penyakit yang tergolong berat (Emaksuper.com). Dalam keadaan seperti ini tentulah para ibu hamil ingin segera sembuh. Nah, apakah ibu yang sedang hamil boleh mengkonsumsi obat-obatan?

Tak Semua Obat Boleh Dikonsumsi

Seorang wanita yang sedang hamil perlu mempertimbangkan efek obat-obatan yang dikonsumsinya kepada janin yang berada dalam kandungan. Sebab, apapun yang dikonsumsi ibu hamil tentu akan berpengaruh kepada janinnya. Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi ibu hamil bisa menyebabkan cacat bawaan pada janin, cacat baru yang tampak beberapa waktu setelah anak dilahirkan, perubahan pertumbuhan hingga kematian. Karena itu sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan apapun, termasuk obat-obatan untuk penyakit yang ringan.

Beberapa jenis obat-obatan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena bisa mempengaruhi perkembangan janin antara lain:

  • Berbagai Antibiotik
    • Obat Tidur
    • Obat untuk Menyembuhkan Jerawat
    • Obat untuk Menghilangkan Rasa Sakit
    • Obat Penurun Panas yang Memiliki Kandungan Paracetamol
    • Obat untuk Mengatasi Mabuk saat Diperjalanan
    • Beberapa Tumbuhan Alami yang Memiliki Pengaruh yang Kuat seperti Ginseng, Lidah Buaya dan Rosemary
    • Obat untuk Mengatasi Alergi
    • Obat Penenang atau Obat Anti Depresi

Sakit Saat Hamil 8 Bulan, Bolehkah Minum Obat-obatan?

Mengingat pengaruh obat yang tidak baik untuk perkembangan janin, maka sebaiknya para ibu yang sakit saat hamil 8 bulan menjauhkan diri sebisa mungkin dari obat-obatan kimia. Jika sakit berat menyerang, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter untuk menentukan obat-obatan yang aman untuk perkembangan janin.

Sedangkan bila ibu hamil terserang sakit yang tergolong ringan, sebaiknya gunakan cara-cara alami untuk menyembuhkannya. Berikut ini cara-cara alami dan aman untuk menyembuhkan sakit yang tergolong sebagai sakit yang ringan saat hamil.

  • Untuk mengatasi batuk dan flu secara alami, ambillah jeruk nipis sebanyak 1 buah. Peras jeruk nipis ini dan campurkan dengan air hangat. Tak perlu menambahkan gula ataupun madu ke dalamnya. Minumlah jeruk hangat ini di pagi dan sore hari. Lakukan langkah ini selama beberapa hari atau hingga serangan batuk dan flu mereda.
  • Untuk menghilangkan stress dan menenangkan diri, berendamlah dengan air hangat yang telah ditambahkan dengan garam. Gunakan pula aroma terapi untuk membuat pikiran lebih santai.
  • Perhatikan pula asupan makanan saat sakit menyerang. Pastikan ibu hamil mengkonsumsi makanan yang bernutrisi agar daya tahan tubuh bisa meningkat dan tubuh memiliki kemampuan untuk melawan sendiri penyakit yang menyerang.
  • Cukupi pula kebutuhan air minum dengan mengkonsumsi paling tidak 6 gelas air putih hingga 8 gelas air putih.

Nah, itulah cara sederhana yang bisa diterapkan oleh para ibu yang sedang sakit saat hamil 8 bulan. Dengan cara-cara yang sederhana ini, ibu hamil tak perlu mengkonsumsi obat-obatan yang bisa membahayakan janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *