Sakit Selangkangan Hamil 9 Bulan, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sakit Selangkangan Hamil 9 Bulan, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sakit selangkangan hamil 9 bulan adalah sesuatu hal yang wajar dialami oleh para wanita yang sedang mengandung. Rasa sakit ini semakin terasa ketika kaki digerakan, misalnya saat kaki diangkat atau ditarik. Rasa sakit ini juga terasa saat wanita yang sedang hamil bangkit dari duduk. Meskipun cukup terasa menyiksa, namun para wanita yang sedang hamil tak perlu terlampau kuatir dengan keadaan ini.

Penyebabnya

Rasa sakit yang muncul di selangkangan ini tak lain dikarenakan meningkatnya hormon relaksin. Hormon ini mengakibatkan kedua tulang panggul menjadi lebih lunak dan merenggang. Merenggangnya dua tulang panggul ini menyebabkan munculnya celah di bagian sambungan tulang. Keadaan ini tak lain terjadi untuk mempersiapkan jalan lahir bagi janin.

Sakit Selangkangan Hamil 9 Bulan, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Para wanita yang sedang hamil semestinya merasa bersyukur dengan munculnya rasa sakit selangkangan hamil 9 bulan ini yang berarti telah terjadi proses perenggangan. Sebab dengan demikian proses kelahiran secara normal sedang dipersiapkan oleh tubuh dengan maksimal. Sebaliknya para wanita yang sedang hamil hendaknya merasa kuatir bila perenggangan ini tidak terjadi. Sebab artinya tubuh tidak bekerja dengan baik dalam mempersiapkan jalan lahir bagi bayi.

Tips Mengurangi Rasa Sakit

Memang tidak bisa dipungkiri bila rasa sakit pada selangkangan ini cukup mengganggu kenyamanan para wanita yang sedang hamil. Nah, untuk mengurangi rasa sakit selangkangan hamil 9 bulan ini, cobalah untuk melakukan beberapa tips berikut ini.

  • Sebaiknya para wanita yang sedang hamil mengurangi aktivitas yang berlebihan, baik itu berjalan ataupun mengangkat sesuatu.
    • Hindari berada dalam posisi duduk, jongkok, dan berdiri terlalu lama.
    • Hindari membuka kaki terlalu lebar.
    • Saat hendak turun dari ranjang atau hendak naik ke ranjang sebaiknya lipatlah lutut dan rapatkan kedua kaki.
    • Kompres bagian pinggang dengan menggunakan air hangat atau berendamlah dengan menggunakan air hangat.
    • Bila perlu, gunakan pregnancy belt atau penyangga khusus untuk ibu hamil.
    • Ikuti senam hamil agar bisa melakukan gerakan-gerakan relaksasi yang membuat otot-otot menjadi lebih santai dan ibu hamil tidak terlampau tegang.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengatasi rasa sakit selangkangan hamil 9 bulan. Dan yang paling penting dari semua rasa sakit ini adalah pikiran ibu hamil yang lebih santai dan terbuka dalam penerima perubahan tubuh serta rasa sakit sebagai akibat dari kehamilan. Selain itu, kegembiraan dalam menyambut kelahiran sang bayi pun bisa menjadi penghilang rasa sakit yang jitu bagi kaum wanita yang sedang hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *